PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN
SOAL :
-
DEFINISI ILMU
PENGETAHUAN DENGAN KARAKTERISTIK DAN CIRI-CIRINYA BESERTA DISIPLIN ILMUNYA (EX
: SOS, BIO, DLL)
-
DEFINISI ILMU
PENDIDIKAN (BAHASA INGGRIS 5, BAHASA INDONESIA 5)
A.
Pengertian Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan
meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan
dalam alam manusia.
Beberapa pendapat para ahli
tentang ilmu pengetahuan :
1. Ashley Montagu menyebutkan bahwa
“Science is a systemized
knowledge services form observation, study, and
experimentation carried on under determine the nature of principles of what
being studied.”
2.
Karl Pearson mendefinisikan “Science is the complete and
consistent description of facts and experience in the simplest possible term”
3.
V. Avanasyev mendefinisikan “Science is the system of man’s knowledge on nature,
society and thought. It reflect the world in concepts, categories and laws, the
correctness and truth of which are verified by practical experience.”
4. Harold H. Titus mendefinisikan “Ilmu (Science) diartikan
sebagai common science yang diatur dan diorganisasikan, mengadakan pendekatan
terhadap benda-benda atau peristiwa-peristiwa dengan menggunakan metode-metode
observasi yang teliti dan kritis).
5. Dr. Mohammad Hatta mendefinisikan
“Tiap-tiap ilmu pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan kausal dalam satu
golongan masalah yang sama tabiatnya, baik menurut kedudukannya tampak dari
luar maupun menurut bangunannya dari dalam.”
6. J. Habarer mendefinisikan “ Suatu
hasil aktivitas manusia yang merupakan kumpulan teori, metode dan praktek dan
menjadi pranata dalam masyarakat.”
7.
Louis
Leahy
mendefinisikan “Pengetahuan
merupakan suatu kekayaan dan kesempurnaan. Seseorang yang tahu lebih banyak
adalah lebih baik kalau dibanding dengan yang tidak tahu apa-apa
8.
The Liang Gie mendefinisikan “Ilmu sebagai pengetahuan, artinya ilmu adalah sesuatu kumpulan yang
sistematis, atau sebagai kelompok pengetahuan teratur mengenai pokok soal atau
subject matter. Dengan kata lain bahwa pengetahuan menunjuk pada sesuatu yang
merupakan isi substantif yang terkandung dalam ilmu.
B.
Karakteristik
Ilmu Pengetahuan
Karakteristik ilmu pengetahuan di antaranya sebdagai
berikut :
1. Konkrit,
yaitu dapat diukur kebenarannya.
2. Kehadiran
objek dan subjek tidak dapat dipisahkan atau memiliki keterkaitan satu sama
lainnya.
3. Tidak
terbatas sehingga masih banyak ilmu pengetahuan yang harus digali lagi dan
tidak mempunyai keterbatasan tertentu.
4. Metodologi
yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan
5. Rasionalis
; Penalarannya berdasarkan ide yang dianggap jelas dan dapat diterima oleh
akal.
6. Wahyu
; Tidak menggunakan penalaran, tetapi menggunakan wahyu sebagai sumber
pengetahuan.
7.
Hasil ilmu bersifat
akumulatif dan merupakan milik bersama
8.
Kebenarannya tidak
mutlak dan bisa terjadi kekeliruan
9.
Obyektif tidak
bergantung pada pemahaman secara pribadi
C. Ciri-ciri Ilmu Pengetahuan
Menurut The Liang Gie (1987) ilmu pengetahuan
mempunyai 5 ciri pokok yaitu :
·
Empiris, pengetahuan
itu diperoleh berdasarkan pengamatan dan percobaan
·
Sistematis, berbagai
keterangan dan data yang tersusun sebagai kumpulan pengetahuan itu mempunyai
hubungan ketergantungan dan teratur
·
Objektif, ilmu berarti
pengetahuan itu bebas dari prasangka perseorangan dan kesukaan pribadi
·
Analitis, pengetahuan
ilmiah berusaha membeda-bedakan pokok soalnya ke dalam bagian yang terperinci
untuk memahami berbagai sifat, hubungan, dan peranan dari bagian-bagian itu
·
Verifikatif, dapat diperiksa
kebenarannya oleh siapa pun juga.
Menurut Ismaun (2001) mengetengahkan sifat
atau ciri-ciri ilmu sebagai berikut :
(1) obyektif; ilmu berdasarkan hal-hal yang obyektif, dapat diamati dan
tidak berdasarkan pada emosional subyektif,
(2) koheren; pernyataan/susunan ilmu tidak kontradiksi dengan kenyataan;
(3) reliable; produk dan cara-cara memperoleh ilmu dilakukan melalui alat
ukur dengan tingkat keterandalan (reabilitas) tinggi,
(4) valid; produk dan cara-cara memperoleh ilmu dilakukan melalui alat
ukur dengan tingkat keabsahan (validitas) yang tinggi, baik secara internal
maupun eksternal,
(5) memiliki generalisasi; suatu kesimpulan dalam ilmu dapat berlaku
umum,
(6) akurat; penarikan kesimpulan memiliki keakuratan (akurasi) yang
tinggi, dan
(7) dapat melakukan prediksi; ilmu dapat memberikan daya prediksi atas
kemungkinan-kemungkinan suatu hal.
D. Syarat-Syarat Ilmu :
Suatu pengetahuan dapat dikatakan sebagai ilmu
apabila dapat memenuhi persyaratan-persyaratan, sebagai berikut
1.
Ilmu mensyaratkan
adanya obyek yang diteliti, baik yang berhubungan dengan alam (kosmologi)
maupun tentang manusia (Biopsikososial).
2.
Ilmu mensyaratkan
adanya metode tertentu, yang di dalamnya berisi pendekatan dan teknik tertentu.
3. Pokok permasalahan (subject matter atau focus
of interest). ilmu mensyaratkan adanya pokok permasalahan yang akan dikaji.
E. Pengertian Ilmu Pendidikan
-
Ilmu
Pendidikan adalah Ilmu yang mempelajari
serta memproses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang di
usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan: Proses,
cara, pembuatan mendidik.
Pengertian
Ilmu pendidikan menurut para ahli :
1.
Prof. Dr. N. Driyarkara menjelaskan bahwa ilmu
pendidikan merupakan pemikiran ilmiah tentang realitas yang kita sebut
pendidikan (mendidik dan dididik). Pemikiran ilmiah bersifat kritis, metodis,
dan sistematis.
2.
Prof. Brodjonegoro mengemukakan bahwa Ilmu
Pendidikan adalah teori pendidikan, perenungan tentang pendidikan. Dalam arti
yang luas ilmu pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari soal-soal
yang timbul dalam praktik pendidikan.
3.
Prof.
M. J. Langeveld ; Paedogogic atau ilmu mendidik merupakan
suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui betapa keadaan
atau hakiki objek itu,
melainkan mempelajari pula betapa hendaknya bertindak.
4.
Dr.
Sutari Imam Barnadib; ilmu pendidikan mempelajari suasana dan
proses-proses pendidikan.
5.
John Dewey : "Education
is a continued process of experiencing of revising or reorganizing experiences.
He interprets education as follows ; since life means growth, a living creature
lives as truly and positively at one stage as at another, with the same
intrinsic fullness and the same absolute claims. Hence education means the
enterprice of suplying the conditions which insure growth, or eduquacy of life
prespective of age. the process of education is continues process of adjusment,
having as its aim at every stage an added capacity growth. " John
Dewey menekankan konsepsi pendidikan ; " learning by doing,
experiencing and under going."
6.
Dictionary of Education
: "Education is (1) the
aggregate of all processes by which a person develop ability, attitudes, and
others forms of behavior of practical values, in the society in which he lives,
(2) the social process by which people are subjected to the influence of a
selected and controlled environment (especially that of the school) so that
they may obtain social competence and optimum individual development"
7.
Paolo Fraire : Education
is the path to liberation is permanent and consists of two
stages. The first phase is a period in which men become conscious of
their release, where through practice change that. The second stage is
built on the first stage, and is a process of liberating cultural
action
stages. The first phase is a period in which men become conscious of
their release, where through practice change that. The second stage is
built on the first stage, and is a process of liberating cultural
action
8.
Nazir
: Ilmu
adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana
dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.
9.
Shapere
: Konsepsi
ilmu pada dasarnya mencakup tiga hal, yaitu adanya rasionalitas, dapat
digeneralisasi dan dapat disistematisasi
10.
Schulz
: pengertian
ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan
realitas sosial
Definisi Ilmu Pendidikan
menurut kami : Ilmu Pendidikan adalah sistem pengetahuan tentang upaya proses
pengkondisian perubahan perilaku peserta didik.
Komentar
Posting Komentar