ISTILAH TEKNIS MANAJEMEN PENDIDIKAN
Istilah Teknis Manajemen Pendidikan
1.
Aktivasi Desain,
Terjadinya penemuan, pengembangan, dan analisis masalah.
2. Aktivitas
Inteligensi, Penelusuran kondisi lingkungan yang
memerlukan pengambilan keputusan.
3. Kolegialitas,
Terlibatnya semua pihak pada keputusan yang telah diambil yang kemudian
terbentuk tim yang bersifat kolegial.
4. Kekuasaan
Referensi, Kekuasaan yang bersumber pada sifat-sifat pribadi dari
seorang pemimpin.
5. Kekuasaan
Legitimasi, Kekuasaan yang didasarkan persepsi bawahan bahwa pemimpin punya
hak untuk menggunakan pengaruh dan otoritas yang dimilikinya.
6. Keterampilan
Konseptual, Keahlian manajer untuk melihat secara holistik antara bagian yang saling bergantung,
mendapatkan, menganalisis, dan menginterpretasikan seluruh informasi yang diterima
dari bermacam-macam sumber.
7. Kemampuan
Analitis, Kemampuan untuk menilai tingkat pengalaman dan motivasi
bawahan dalam melaksanakan tugas.
8. Perencanaan
Meso, yaitu bentuk kebijaksanaan yang dijabarkan kedalam sekala
kecil dan bersifat operasional.
9. Departemenisasi,
Proses konversasi fungsi-fungsi menjadi satuan-satuan organisasi dengan
berpedoman pada prinsip-prinsip organisasi.
10. Pelimpahan
Otoritas, Setiap posisi tertentu dalam organisasi baru memiliki arti
setelah dilekati dengan otoritas organisasi. Otoritas organisasi artinya
kekuasaan atau hak untuk memberikan perintah untuk menimbulkan
tindakan-tindakan dari orang lain.
11. Pendekatan Pembelajaran, Titik tolak atau sudut pandang
terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya
suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi,
menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis
tertentu.
12. Strategi Pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang harus
dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif
dan efisien.
13. Metode Pembelajaran, cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan
praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
14. Teknik Pembelajaran, cara yang dilakukan seseorang dalam
mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
15. Taktik Pembelajaran, gaya seseorang dalam melaksanakan
metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
16. Model Pembelajaran, bentuk pembelajaran yang tergambar
dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
17. Desain Pembelajaran, menunjuk kepada cara-cara merencanakan suatu
sistem lingkungan belajar tertentu setelah ditetapkan strategi pembelajaran
tertentu.
Komentar
Posting Komentar