ISTILAH TEKNIS MANAJEMEN PENDIDIKAN


Istilah Teknis Manajemen Pendidikan

1.     Aktivasi Desain, Terjadinya penemuan, pengembangan, dan analisis masalah.
2.     Aktivitas Inteligensi, Penelusuran kondisi lingkungan yang memerlukan  pengambilan keputusan.
3.     Kolegialitas, Terlibatnya semua pihak pada keputusan yang telah diambil yang kemudian terbentuk tim yang bersifat kolegial.
4.     Kekuasaan Referensi, Kekuasaan yang bersumber pada sifat-sifat pribadi dari seorang pemimpin.
5.     Kekuasaan Legitimasi, Kekuasaan yang didasarkan persepsi bawahan bahwa pemimpin punya hak untuk menggunakan pengaruh dan otoritas yang dimilikinya.
6.     Keterampilan Konseptual, Keahlian manajer untuk melihat secara holistik   antara bagian yang saling bergantung, mendapatkan, menganalisis, dan menginterpretasikan seluruh informasi yang diterima dari bermacam-macam sumber.
7.     Kemampuan Analitis, Kemampuan untuk menilai tingkat pengalaman dan motivasi bawahan dalam melaksanakan tugas.
8.     Perencanaan Meso, yaitu bentuk kebijaksanaan yang dijabarkan kedalam sekala kecil dan bersifat operasional.
9.     Departemenisasi, Proses konversasi fungsi-fungsi menjadi satuan-satuan organisasi dengan berpedoman pada prinsip-prinsip organisasi.
10. Pelimpahan Otoritas, Setiap posisi tertentu dalam organisasi baru memiliki arti setelah dilekati dengan otoritas organisasi. Otoritas organisasi artinya kekuasaan atau hak untuk memberikan perintah untuk menimbulkan tindakan-tindakan dari orang lain.
11. Pendekatan Pembelajaran, Titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
12. Strategi Pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
13. Metode Pembelajaran, cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
14. Teknik Pembelajaran, cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
15. Taktik Pembelajaran, gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
16. Model Pembelajaran, bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
17. Desain Pembelajaran, menunjuk kepada cara-cara merencanakan suatu sistem lingkungan belajar tertentu setelah ditetapkan strategi pembelajaran tertentu.

Komentar