FUNGSI MANAJEMEN DI SEKOLAH
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Manajemen
merupakan hal yang sangat penting dalam semua bidang kehidupan. Manajemen memberikan pemahaman kepada kita tentang
pendekatan ataupun tata cara penting dalam rnenjalankan dan memecahkan
masalah-masalah yang berkaitan dengan organisasi atau lembaga. Termasuk di
antaranya adalah lembaga pendidikan yang khususnya adalah sekolah.
Manajemen sebagai ilmu pengetahuan mempunyai ciri-ciri
sebagai berikut :
1.
Adanya kelompok manusia, yaitu kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih.
2. Adanya kerjasama dari kelompok tersebut.
3. Adanya kegiatan proses/usaha.
4. Adanya tujuan.
2. Adanya kerjasama dari kelompok tersebut.
3. Adanya kegiatan proses/usaha.
4. Adanya tujuan.
Banyak
para ahli mengemukakan mengenai fungsi manajemen, namun dapat di rangkum
menjadi empat fungsi dalam manajemen, yaitu:
1. Planning:
perencanaan
2. Organizing:
pengorganisasian
3. Directing:
pengarahan
4. Controlling:
pengawasan
Sekolah Darma Bangsa berhasil menciptakan
generasi muda yang kompeten dan berwawasan internasional. Sekolah Darma Bangsa
merupakan salah satu sekolah yang cukup diminati oleh masyarakat Bandar Lampung
dan sekitarnya, mempunyai motto “ Making A Difference To The Youth ”
(Membuat Perubahan Pada Generasi Muda). Sekolah memilih motto ini karena
generasi muda adalah penerus bangsa Indonesia, apa yang terjadi pada bangsa ini
nantinya akan bergantung kepada pengetahuan dan moral mereka. Maka dari itu
sekolah berusaha mengarahkan generasi muda ke arah pendidikan yang lebih baik,
klasik memang.
Sekolah Darma Bangsa, membekali staff
pengajarannya dengan kemampuan mengenal dunia maya secara lebih baik, serta
terus melengkapi sarana pembelajaran ICT yang memadai, hal ini dilakukan
semata-mata untuk pemenuhan fasilitas belajar siswa, yang pada akhirnya dapat
mewujudkan prestasi gemilang bagi bagi generasi muda dan akan menghasilkan
generasi penerus bangsa yang tangguh dalam perisai keimanan yang kuat untuk
menghadapi dunia yang semakin modern dengan tingkat persaingan yang sangat
ketat.
Dengan alasan tersebut Sekolah Darma Bangsa,
tidak pernah lengah dan lelah untuk terus mempersiapkan generasi muda Indonesia
dan Lampung pada khususnya, melalui pembelajaran dan pembina secara intensif,
hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai prestasi di bidang akademik dan
non-akademik yang sudah dipersembahkan oleh siswa-siswi Sekolah Darma Bangsa
dalam acara-acara bergengsi, baik pada tingkat kota , propinsi, nasional dan
internasional.
1.2
Rumusan
Masalah
Keempat
fungsi manajemen yang telah dipaparkan sebelumnya penting diterapkan di
sekolah. Di sini, penulis mengambil contohnya yaitu Sekolah Darma Bangsa.
Penulis akan membahas bagaimana fungsi manajemen khususnya perencanaan dan
pengorganisasian yang dijalankan Sekolah Darma Bangsa serta bagaimana sekolah
menjalankan hubungan yang harmonis antara sekolah dan masyarakat.
1.3. Tujuan
Tujuan
dari pembuatan makalah ini adalah agar pembaca, khususnya pelajar/mahasiswa
mampu memahami secara keseluruhan mengenai arti dan fungsi dari manajemen.
Selain itu, agar mahasiswa mampu merealisasikan fungi-fungsi manajemen tersebut
dalam bentuk nyata melalui perbandingan langsung terhadap lembaga pendidikan.
Dalam hal ini penulis membandingkan dan menganalisis melalui data yang
diperoleh dari website Sekolah Darma Bangsa.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.
Profil Sekolah Darma Bangsa
Sekolah Darma Bangsa adalah Sekolah Independen
berwawasan Internasional pertama di Provinsi Lampung, didirikan pada tahun 2007
di bawah naungan PT.DARMA BANGSA EDUKASI dengan Akte Pendirian : No. W600135
HT.01.01-TH.2007. Lokasi sekolah sangat strategis, terletak di jantung
ibukota Provinsi Lampung, yaitu Bandar Lampung. Tepatnya di Jalan Zainal
Abidin, Pagar Alam No.93.A. Kedaton Bandar Lampung.
Sekolah Darma Bangsa menyelenggarakan
pendidikan antara lain : Sekolah Dasar (elementary
school-No.SK.421/2238.a/08/2007), Sekolah Menengah Pertama (junior high
school-No.SK.421/2238.b/08/2007) dan Sekolah Menengah Atas (senior high
school-No.SK.421/2238.b/08/2007), dengan izin operasional yang diterbitkan oleh
Dinas Pendidikan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Keseluruhan
program pendidikan tersebut menggunakan sistem pendidikan bertaraf
internasional, dengan tetap mengacu kepada peraturan kurikulum nasional.
Kelebihan sistem pendidikan kami dengan sistem pendidikan pada umumnya adalah
terletak pada sistem pendidikan kurikulum plus, sistem pengajaran, sistem
belajar siswa dan bimbingan konseling. dengan Dukungan Sarana dan prasarana
pendidikan termodern, dan tenaga-tenaga pengajar handal baik dari dalam ataupun
luar negeri. Disekolah kami juga memberikan kegiatan extra-kurikuler yang
mendukung aktifitas dan kreatifitas siswa didik, dan dalam kegiatan proses
belajar mengajar kami menggunakan beberapa bahasa pengantar, yaitu Bahasa
Inggris dan Bahasa Mandarin.
2.2. Fungsi Manajemen Yang Dijalankan Sekolah
Darma Bangsa
1.
Planning (Perencanaan)
Perencanaan adalah kegiatan yang
berkaitan dengan usaha merumuskan program yang di dalamnya memuat segala
sesuatu yang akan dilaksanakan, penentuan tujuan, kebijaksanaan, arah yang akan
ditempuh, prosedur dan metode yang akan diikuti dalam usaha pencapaian tujuan.
Dalam perencanaan terdapat penentuan-penentuan seperti Prosedur pelaksanaan
kegiatan, Kebijakan landasan kegiatan, Arah dan tujuan yang hendak dicapai, Personal
yang melaksanakan rencana, dan Waktu pelaksanaan rencana.
Sekolah Darma Bangsa mengadakan
perencanaan secara keseluruhan dengan baik mulai dari perencanaan sistem
pendidikan (kurikulum) sampai komponen-komponen apa saja yang dapat menunjang
proses pembelajaran. Salah satu aspek perencanaan adalah adanya visi, misi dan
tujuan. Sebelum menetapkan tujuan, tentunya organisasi khususnya Sekolah Darma
Bangsa telah menetapkan visi dan misi sebagai langkah lebih lanjut untuk
mencapai tujuan. Di sini visi dan misi Sekolah Darma Bangsa adalah :
ü Visi
Menjadi Institusi Pendidikan Global yang memfokuskan
pada pembentukan karakter dan pendalaman pengetahuan dengan memacu potensi
siswa sebagai akar bangsa.
ü Misi
Mendidik siswa baik jasmani maupun rohani, dengan
membangun karakter pribadi dan kreatifitas diri untuk menghasilkan individu
yang mampu memberi kontribusi secara signifikan kepada masyarakat luas.
ü Tujuan
Tujuan sekolah dasar dan menengah ini adalah untuk
memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan pendidikan berkualitas
bagi putra dan putri mereka, sebagai barometer pencetak generasi muda cerdas
dan kompetitif, sebagai fasilitator dan dinamisator perkembangan otonomi daerah
di Provinsi Lampung. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi pendidikan yang
di rencanakan telah disusun secara matang dalam bentuk Kurikulum, Sistem, Fasilitas
dan sumber daya terbaik. Khususnya membentuk program kerjasama yang di
rencanakan akan menggandeng sekolah internasional ternama, baik dari dalam
negeri ataupun luar negeri dari berbagai Negara.
ü Kurikulum
Sistem Pendidikan
Sekolah Darma Bangsa sebagai sekolah berwawasan internasional mengacu kepada
Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) dengan penambahan pengayaan tematis
yang berwawasan pendidikan internasional di bidang : matematika, sains,
Information dan Communication Technology (ICT) serta kemampuan berbahasa Inggris
dan Mandarin. Sekolah Darma Bangsa menyediakan berbagai fasilitas penunjang
pendidikan yang berstandar internasional, serta menempatkan dirinya sebagai
sekolah yang kaya ragam budaya dan etnis, sehingga pelajaran agama yang
diberikan mencakup Islam, Katolik, Kristen dan Buddha. Sistem pendidikan
diterapkan pada program pendidikan yang dimiliki :
1. Taman Kanak-kanak, untuk usia anak 4-5 tahun.
2. Sekolah Dasar (SD), Program Pendidikan Dasar anak usia 6-12 tahun.
3. Sekolah Menengah Pertama (SMP), Program Pendidikan anak usia 12-15
tahun
2. Sekolah Menengah Atas (SMA), Program Pendidikan anak usia 15-18
tahun.
3. Program Pengayaan : Program pengayaan yang diberikan untuk mata
pelajaran matematika, Sains, dan Bahasa Inggris (IELT).
Salah satu pendukung dalam Kurikulum Nasional Plus di
Bandar Lampung dan mimpi untuk “ Go International “ yang direalisasikan dengan
pelajaran IELTS, peningkatan matematika dan pelatiah XC di desain grafis,
melukis, band, orkestra, drama, dance, taekwondo, basket, futsal dan berenang. Aktivitas-aktivitas
SDB unik dan berbeda dengan sekolah lainnya. “ The SDB Fair “ merupakan
kompetisi dan festival budaya yang sering diadakan. SDB juga mengadakan
kegiatan ekstrakulikuler kerohanian sesuai agama yang dianut.
2.
Organizing (Pengorganisasian)
Organizing
adalah proses menghubungkan orang-orang yang terlibat dalam organisasi tertentu
dan menyatupadukan tugas dan fungsinya dalam organisasi dengan cara pembagian
tugas. Dalam pengorganisasian dilakukan hal-hal berikut :
a.
Penerimaan
fasilitas, perlengkapan, dan staff yang diperlukan untuk melaksanakan rencana.
Dengan meningkatnya
jumlah siswa pada tahun ajaran 2010-2011, Sekolah Darma Bangsa kian
meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan prasarana yang mendukung aktifitas
siswa. Ruangan kelas full AC dan alat peraga yang lengkap akan membuat para
siswa menikmati kegiatan belajar mengajar dengan baik. Kegiatan praktek di
laboratorium dan sarana olahraga serta sarana lainnya. Sekolah darma Bangsa
juga menjamin keamanan para siswa dengan adanya kamera CCTV di setiap sudut
lokasi yang strategis.
b.
Pengelompokkan
dan pembagian kerja menjadi struktur organisasi yang teratur
Tenaga Pengajar Sekolah Darma Bangsa merupakan
tenaga-tenaga profesional dan berpengalaman di bidang ilmu pengetahuan dan
pendidikan, dan berasal dari dalam dan luar negeri. Latar Belakang Pendidikan
mereka berasal dari Universitas-universitas ternama di Indonesia ataupun manca
negara.
c.
Pembentukan
struktur kewenangan dan mekanisme koordinasi
Sekolah Darma Bangsa membagi guru-guru
menjadi sistem departemen dengan seorang kepala sebagai koordinatornya. Secara
keseluruhan dapat dilihat pada gambar struktur organisasi di atas.
3.
Hubungan
Masyarakat Sekolah Darma Bangsa
Hubungan sekolah dengan masyarakat adalah suatu proses
komunikasi dengan tujuan meningkatkan pengertian warga masyarakat tentang
kebutuhan dan praktik pendidikan serta berupaya dalam memperbaiki sekolah.
Hubungan dengan masyarakat yang juga disebut public relation adalah
sebuah proses penetapan kebijakan, pelayanan serta tindakan-tindakan nyata
berupa kegiatan yang melibatkan orang banyak agar orang-orang yang terlibat
dalam kegiatan tersebut memiliki kepercayaan terhadap lembaga yang
menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut.
Sekolah hidup di tengah masyarakat, melayani masyarakat dan
dihidupi masyarakat. Sebaliknya masyarakat mengambil manfaat berupa output
sekolah, berupa tenaga lulusan yang memiliki kualifikasi tertentu. Sekolah dan
masyarakat adalah partner yang seharusnya mampu menjalin interaksi saling
menguntungkan. Sekolah harus mampu menampung aspirasi masyarakat karena
masyarakatlah pemasok sekaligus pemakai output sekolah. Kerja sama yang baik
antara sekolah dan masyarakat akan menguntungkan keduanya. Sekolah semakin
eksis berkat dukungan masyarakat, dan masyarakat memetik manfaat berupa output
berkualitas.
ü Nanyang Technological University (NTU)
Singapura menyelenggarakan Nanyang Concept Test in Physical and Chemistry untuk
seleksi masuk ke School of Physical and Mathematical Science (SPMS) NTU di 4
Negara yakni: Singapura, Malaysia, Vietnam dan Indonesia secara serentak setiap
tahun. Indonesia telah mengikuti tes tersebut selama tiga tahun, dan untuk
pertama kali di tahun 2008 menunjuk St.Ignatius Education Center Palembang
sebagai tempat penyelenggaraan NC Test di Indonesia.
Sekolah Darma Bangsa telah menjalin
kerjasama dengan pusat pendidikan di Palembang tersebut untuk menjadi lembaga
perwakilan Nanyang Technological University di Lampung. Sekolah Darma Bangsa
menuju icon NTU dan pusat informasi perspektif bersekolah ke luar negeri bagi
siswa-siswa serta sekolah-sekolah di Lampung.
ü Sekolah Darma Bangsa pada tahun 2010 mengadakan
bakti sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap korban gempa bumi di Padang.
Acara ini bertemakan “Street Outreach 2010” oleh OSIS dan departemen kesiswaan.
Para murid turun langsung ke lapangan yaitu jalan raya dengan membagikan
makanan kepada pengendara dan pejalan kaki selama liburan puasa. Acara ini
berhasil mengumpulkan dan menyumbangakan 11 juta rupiah untuk korban gempa bumi.
|
|
|
|
ü Sekolah mengadakan seminar psikologis sebagai
bentuk menjalin hubungan dengan para orang tua murid.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Perencanaan
yang dijalankan Sekolah Darma Bangsa ter-manage dengan baik, terbukti dengan
sistem pendidikan (kurikulum) yang dibuat guna menunjang lancarnya proses
pendidikan mengarah dari visi, misi dan
tujuan yang dibuat. Sekolah berusaha konsisten dengan apa yang telah direncanakan
dan menjaga komitmen dengan tidak lupa terus berinovasi ke depannya.
Pengorganisasian
di sekolah ini juga berjalan baik sebagaimana mestinya. Kesuksesan suatu
organisasi sangat ditentukan oleh kejalinan dan integritas seluruh komponen
organisasi yang merupakan sumber daya manusia dan sumber daya yang mendukung
terlaksananya semua rencana organisasi. Sekolah Darma Bangsa telah membuktikan
kesuksesan sebuah organisasi dengan pengadaan sarana dan prasarana serta
struktur organisasi yang terperinci dan “go international”.
Seperti
yang telah disebutkan sebelumnya kesuksesan organisasi ditentukan oleh
kejalinan seluruh komponen seperti sumber daya manusia dan sumber daya yang
mendukung terlaksananya semua rencana organisasi. Keseluruhan sumber
daya yang ada di sekolah ini berupaya sungguh-sungguh dalam menciptakan proses
pendidikan yang terus bersinergi secara optimal. Salah satu
contohnya adalah mengadakan hubungan yang harmonis pihak sekolah dengan
masyarakat. Pengadaan seminar, penggalangan dana dan sebagainya di sekolah ini
diharapkan dapat menanamkan dalam diri murid bahwa segala sesuatu yang kita
capai/peroleh tidak lepas dari dukungan orang-orang disekitar mereka.
Komentar
Posting Komentar