FUNGSI MANAJEMEN DI SEKOLAH


BAB I
PENDAHULUAN

1.1                Latar Belakang
Manajemen merupakan hal yang sangat penting dalam semua bidang kehidupan. Manajemen memberikan pemahaman kepada kita tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam rnenjalankan dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan organisasi atau lembaga. Termasuk di antaranya adalah lembaga pendidikan yang khususnya adalah sekolah.
Manajemen sebagai ilmu pengetahuan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Adanya kelompok manusia, yaitu kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih.
2. Adanya kerjasama dari kelompok tersebut.
3. Adanya kegiatan proses/usaha.
4. Adanya tujuan.
Banyak para ahli mengemukakan mengenai fungsi manajemen, namun dapat di rangkum menjadi empat fungsi dalam manajemen, yaitu:
1.      Planning: perencanaan
2.      Organizing: pengorganisasian
3.      Directing: pengarahan
4.      Controlling: pengawasan
Sekolah Darma Bangsa berhasil menciptakan generasi muda yang kompeten dan berwawasan internasional. Sekolah Darma Bangsa merupakan salah satu sekolah yang cukup diminati oleh masyarakat Bandar Lampung dan sekitarnya, mempunyai motto “ Making A Difference To The Youth ” (Membuat Perubahan Pada Generasi Muda). Sekolah memilih motto ini karena generasi muda adalah penerus bangsa Indonesia, apa yang terjadi pada bangsa ini nantinya akan bergantung kepada pengetahuan dan moral mereka. Maka dari itu sekolah berusaha mengarahkan generasi muda ke arah pendidikan yang lebih baik, klasik memang.
Sekolah Darma Bangsa, membekali staff pengajarannya dengan kemampuan mengenal dunia maya secara lebih baik, serta terus melengkapi sarana pembelajaran ICT yang memadai, hal ini dilakukan semata-mata untuk pemenuhan fasilitas belajar siswa, yang pada akhirnya dapat mewujudkan prestasi gemilang bagi bagi generasi muda dan akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang tangguh dalam perisai keimanan yang kuat untuk menghadapi dunia yang semakin modern dengan tingkat persaingan yang sangat ketat.
Dengan alasan tersebut Sekolah Darma Bangsa, tidak pernah lengah dan lelah untuk terus mempersiapkan generasi muda Indonesia dan Lampung pada khususnya, melalui pembelajaran dan pembina secara intensif, hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai prestasi di bidang akademik dan non-akademik yang sudah dipersembahkan oleh siswa-siswi Sekolah Darma Bangsa dalam acara-acara bergengsi, baik pada tingkat kota , propinsi, nasional dan internasional.
1.2                Rumusan Masalah
Keempat fungsi manajemen yang telah dipaparkan sebelumnya penting diterapkan di sekolah. Di sini, penulis mengambil contohnya yaitu Sekolah Darma Bangsa. Penulis akan membahas bagaimana fungsi manajemen khususnya perencanaan dan pengorganisasian yang dijalankan Sekolah Darma Bangsa serta bagaimana sekolah menjalankan hubungan yang harmonis antara sekolah dan masyarakat.

         1.3.   Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar pembaca, khususnya pelajar/mahasiswa mampu memahami secara keseluruhan mengenai arti dan fungsi dari manajemen. Selain itu, agar mahasiswa mampu merealisasikan fungi-fungsi manajemen tersebut dalam bentuk nyata melalui perbandingan langsung terhadap lembaga pendidikan. Dalam hal ini penulis membandingkan dan menganalisis melalui data yang diperoleh dari website Sekolah Darma Bangsa.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1.   Profil Sekolah Darma Bangsa


Image


Sekolah Darma Bangsa adalah Sekolah Independen berwawasan Internasional pertama di Provinsi Lampung, didirikan pada tahun 2007 di bawah naungan PT.DARMA BANGSA EDUKASI dengan Akte Pendirian : No. W600135 HT.01.01-TH.2007.  Lokasi sekolah sangat strategis, terletak di jantung ibukota Provinsi Lampung, yaitu Bandar Lampung. Tepatnya di Jalan Zainal Abidin, Pagar Alam No.93.A. Kedaton Bandar Lampung.

Sekolah Darma Bangsa menyelenggarakan pendidikan antara lain : Sekolah Dasar (elementary school-No.SK.421/2238.a/08/2007), Sekolah Menengah Pertama (junior high school-No.SK.421/2238.b/08/2007) dan Sekolah Menengah Atas (senior high school-No.SK.421/2238.b/08/2007), dengan izin operasional yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Keseluruhan program pendidikan tersebut menggunakan sistem pendidikan bertaraf internasional, dengan tetap mengacu kepada peraturan kurikulum nasional. Kelebihan sistem pendidikan kami dengan sistem pendidikan pada umumnya adalah terletak pada sistem pendidikan kurikulum plus, sistem pengajaran, sistem belajar siswa dan bimbingan konseling. dengan Dukungan Sarana dan prasarana pendidikan termodern, dan tenaga-tenaga pengajar handal baik dari dalam ataupun luar negeri. Disekolah kami juga memberikan kegiatan extra-kurikuler yang mendukung aktifitas dan kreatifitas siswa didik, dan dalam kegiatan proses belajar mengajar kami menggunakan beberapa bahasa pengantar, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.

2.2.   Fungsi Manajemen Yang Dijalankan Sekolah Darma Bangsa

1.     Planning (Perencanaan)
Perencanaan adalah kegiatan yang berkaitan dengan usaha merumuskan program yang di dalamnya memuat segala sesuatu yang akan dilaksanakan, penentuan tujuan, kebijaksanaan, arah yang akan ditempuh, prosedur dan metode yang akan diikuti dalam usaha pencapaian tujuan. Dalam perencanaan terdapat penentuan-penentuan seperti Prosedur pelaksanaan kegiatan, Kebijakan landasan kegiatan, Arah dan tujuan yang hendak dicapai, Personal yang melaksanakan rencana, dan Waktu pelaksanaan rencana.
Sekolah Darma Bangsa mengadakan perencanaan secara keseluruhan dengan baik mulai dari perencanaan sistem pendidikan (kurikulum) sampai komponen-komponen apa saja yang dapat menunjang proses pembelajaran. Salah satu aspek perencanaan adalah adanya visi, misi dan tujuan. Sebelum menetapkan tujuan, tentunya organisasi khususnya Sekolah Darma Bangsa telah menetapkan visi dan misi sebagai langkah lebih lanjut untuk mencapai tujuan. Di sini visi dan misi Sekolah Darma Bangsa adalah :
ü  Visi
Menjadi Institusi Pendidikan Global yang memfokuskan pada pembentukan karakter dan pendalaman pengetahuan dengan memacu potensi siswa sebagai akar bangsa.
ü  Misi
Mendidik siswa baik jasmani maupun rohani, dengan membangun karakter pribadi dan kreatifitas diri untuk menghasilkan individu yang mampu memberi kontribusi secara signifikan kepada masyarakat luas.
ü  Tujuan
Tujuan sekolah dasar dan menengah ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan pendidikan berkualitas bagi putra dan putri mereka, sebagai barometer pencetak generasi muda cerdas dan kompetitif, sebagai fasilitator dan dinamisator perkembangan otonomi daerah di Provinsi Lampung. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi pendidikan yang di rencanakan telah disusun secara matang dalam bentuk Kurikulum, Sistem, Fasilitas dan sumber daya terbaik. Khususnya membentuk program kerjasama yang di rencanakan akan menggandeng sekolah internasional ternama, baik dari dalam negeri ataupun luar negeri dari berbagai Negara.
ü  Kurikulum
Sistem Pendidikan Sekolah Darma Bangsa sebagai sekolah berwawasan internasional mengacu kepada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) dengan penambahan pengayaan tematis yang berwawasan pendidikan internasional di bidang : matematika, sains, Information dan Communication Technology (ICT) serta kemampuan berbahasa Inggris dan Mandarin. Sekolah Darma Bangsa menyediakan berbagai fasilitas penunjang pendidikan yang berstandar internasional, serta menempatkan dirinya sebagai sekolah yang kaya ragam budaya dan etnis, sehingga pelajaran agama yang diberikan mencakup Islam, Katolik, Kristen dan Buddha. Sistem pendidikan diterapkan pada program pendidikan yang dimiliki :
1.      Taman Kanak-kanak, untuk usia anak 4-5 tahun.
2.      Sekolah Dasar (SD), Program Pendidikan Dasar anak usia 6-12 tahun.
3.      Sekolah Menengah Pertama (SMP), Program Pendidikan anak usia 12-15 tahun
2.      Sekolah Menengah Atas (SMA), Program Pendidikan anak usia 15-18 tahun. 
3.      Program Pengayaan : Program pengayaan yang diberikan untuk mata pelajaran matematika, Sains, dan Bahasa Inggris (IELT).
Salah satu pendukung dalam Kurikulum Nasional Plus di Bandar Lampung dan mimpi untuk “ Go International “ yang direalisasikan dengan pelajaran IELTS, peningkatan matematika dan pelatiah XC di desain grafis, melukis, band, orkestra, drama, dance, taekwondo, basket, futsal dan berenang. Aktivitas-aktivitas SDB unik dan berbeda dengan sekolah lainnya. “ The SDB Fair “ merupakan kompetisi dan festival budaya yang sering diadakan. SDB juga mengadakan kegiatan ekstrakulikuler kerohanian sesuai agama yang dianut.
2.     Organizing (Pengorganisasian)
Organizing adalah proses menghubungkan orang-orang yang terlibat dalam organisasi tertentu dan menyatupadukan tugas dan fungsinya dalam organisasi dengan cara pembagian tugas. Dalam pengorganisasian dilakukan hal-hal berikut :
a.      Penerimaan fasilitas, perlengkapan, dan staff yang diperlukan untuk melaksanakan rencana.
Dengan meningkatnya jumlah siswa pada tahun ajaran 2010-2011, Sekolah Darma Bangsa kian meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan prasarana yang mendukung aktifitas siswa. Ruangan kelas full AC dan alat peraga yang lengkap akan membuat para siswa menikmati kegiatan belajar mengajar dengan baik. Kegiatan praktek di laboratorium dan sarana olahraga serta sarana lainnya. Sekolah darma Bangsa juga menjamin keamanan para siswa dengan adanya kamera CCTV di setiap sudut lokasi yang strategis.
b.      Pengelompokkan dan pembagian kerja menjadi struktur organisasi yang teratur
Tenaga Pengajar Sekolah Darma Bangsa merupakan tenaga-tenaga profesional dan berpengalaman di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan, dan berasal dari dalam dan luar negeri. Latar Belakang Pendidikan mereka berasal dari Universitas-universitas ternama di Indonesia ataupun manca negara.   
c.       Pembentukan struktur kewenangan dan mekanisme koordinasi
Sekolah Darma Bangsa membagi guru-guru menjadi sistem departemen dengan seorang kepala sebagai koordinatornya. Secara keseluruhan dapat dilihat pada gambar struktur organisasi di atas.
3.     Hubungan Masyarakat Sekolah Darma Bangsa
Hubungan sekolah dengan masyarakat adalah suatu proses komunikasi dengan tujuan meningkatkan pengertian warga masyarakat tentang kebutuhan dan praktik pendidikan serta berupaya dalam memperbaiki sekolah. Hubungan dengan masyarakat yang juga disebut public relation adalah sebuah proses penetapan kebijakan, pelayanan serta tindakan-tindakan nyata berupa kegiatan yang melibatkan orang banyak agar orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut memiliki kepercayaan terhadap lembaga yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut.
Sekolah hidup di tengah masyarakat, melayani masyarakat dan dihidupi masyarakat. Sebaliknya masyarakat mengambil manfaat berupa output sekolah, berupa tenaga lulusan yang memiliki kualifikasi tertentu. Sekolah dan masyarakat adalah partner yang seharusnya mampu menjalin interaksi saling menguntungkan. Sekolah harus mampu menampung aspirasi masyarakat karena masyarakatlah pemasok sekaligus pemakai output sekolah. Kerja sama yang baik antara sekolah dan masyarakat akan menguntungkan keduanya. Sekolah semakin eksis berkat dukungan masyarakat, dan masyarakat memetik manfaat berupa output berkualitas.
ü Nanyang Technological University (NTU) Singapura menyelenggarakan Nanyang Concept Test in Physical and Chemistry untuk seleksi masuk ke School of Physical and Mathematical Science (SPMS) NTU di 4 Negara yakni: Singapura, Malaysia, Vietnam dan Indonesia secara serentak setiap tahun. Indonesia telah mengikuti tes tersebut selama tiga tahun, dan untuk pertama kali di tahun 2008 menunjuk St.Ignatius Education Center Palembang sebagai tempat penyelenggaraan NC Test di Indonesia.
Sekolah Darma Bangsa telah menjalin kerjasama dengan pusat pendidikan di Palembang tersebut untuk menjadi lembaga perwakilan Nanyang Technological University di Lampung. Sekolah Darma Bangsa menuju icon NTU dan pusat informasi perspektif bersekolah ke luar negeri bagi siswa-siswa serta sekolah-sekolah di Lampung.

ü  Sekolah Darma Bangsa pada tahun 2010 mengadakan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap korban gempa bumi di Padang. Acara ini bertemakan “Street Outreach 2010” oleh OSIS dan departemen kesiswaan. Para murid turun langsung ke lapangan yaitu jalan raya dengan membagikan makanan kepada pengendara dan pejalan kaki selama liburan puasa. Acara ini berhasil mengumpulkan dan menyumbangakan 11 juta rupiah untuk korban gempa bumi.

ü  Sekolah mengadakan seminar psikologis sebagai bentuk menjalin hubungan dengan para orang tua murid.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Perencanaan yang dijalankan Sekolah Darma Bangsa ter-manage dengan baik, terbukti dengan sistem pendidikan (kurikulum) yang dibuat guna menunjang lancarnya proses pendidikan mengarah dari  visi, misi dan tujuan yang dibuat. Sekolah berusaha konsisten dengan apa yang telah direncanakan dan menjaga komitmen dengan tidak lupa terus berinovasi ke depannya.

Pengorganisasian di sekolah ini juga berjalan baik sebagaimana mestinya. Kesuksesan suatu organisasi sangat ditentukan oleh kejalinan dan integritas seluruh komponen organisasi yang merupakan sumber daya manusia dan sumber daya yang mendukung terlaksananya semua rencana organisasi. Sekolah Darma Bangsa telah membuktikan kesuksesan sebuah organisasi dengan pengadaan sarana dan prasarana serta struktur organisasi yang terperinci dan “go international”.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kesuksesan organisasi ditentukan oleh kejalinan seluruh komponen seperti sumber daya manusia dan sumber daya yang mendukung terlaksananya semua rencana organisasi. Keseluruhan sumber daya yang ada di sekolah ini berupaya sungguh-sungguh dalam menciptakan proses pendidikan yang terus bersinergi secara optimal. Salah satu contohnya adalah mengadakan hubungan yang harmonis pihak sekolah dengan masyarakat. Pengadaan seminar, penggalangan dana dan sebagainya di sekolah ini diharapkan dapat menanamkan dalam diri murid bahwa segala sesuatu yang kita capai/peroleh tidak lepas dari dukungan orang-orang disekitar mereka. 

Komentar