FUNGSI MANAJEMEN 2


FUNGSI MANAJEMEN
PERENCANAAN (PLANNING) adalah kegiatan yang berkaitan dengan usaha merumuskan program yang di dalamnya memuat segala sesuatu yang akan dilaksanakan, penentuan tujuan, kebijaksanaan, arah yang akan ditempuh, prosedur dan metode yang akan diikuti dalam usaha pencapaian tujuan.
1.      Strategi (Strategic) adalah sebuah metode secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan organisasi dan perencanaan sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu yang di dalamnya terdapat kerjasama seluruh anggota organisasi agar organisasi mencapai tujuan yang efisien dan efektif.
2.      Keputusan (Decision) adalah suatu ketetapan yang diambil oleh organ yang berwenang berdasarkan kewenangan yang ada padanya yang bisa berisi solusi alternatif baik itu tindakan atapun opini.

PENGORGANISASIAN (ORGANIZING) merupakan proses penyusunan anggota dalam bentuk struktur organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan sumber daya yang dimiliki dan lingkungan yang melingkupinya baik intern maupun ekstern.
1.      Struktur Organisasi (Organization Structure) adalah susunan dan hubungan antara tiap bagian perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.
2.      Sumber Daya Manusia atau SDM (Human Resources) adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif.
3.      Perubahan (Change) adalah transformasi dari keadaan yang sekarang menuju keadaan yang diharapkan lebih baik di masa yang akan dating
4.      Koordinasi (Coordinating) yaitu menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan dan saling melempar tanggung jawab dengan jalan menghubungkan, menyatu-padukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan.
5.      6 M (man, money, method, machine, market, materials) merupakan tools atau alat yang merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan

PENGARAHAN (DIRECTING) yaitu usaha memberi bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
1.       Motivasi (Motivation) adalah mempengaruhi, mengarahkan dan berkomunikasi dengan bawahannya, yang selanjutnya akan menentukan efektifitas sumber dayanya.
2.       Komunikasi (Communication) adalah suatu proses menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain
3.       Perilaku Organisasi (Organizational Behavior) adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang perilaku tingkat individu dan tingkat kelompok dalam suatu organisasi serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi).
4.       Kepemimpinan (Leadership) adalah sebagai proses mengarahkan dan mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan tugas. Leading yaitu pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

PENGAWASAN (CONTROLLING) adalah meneliti dan mengawasi agar semua tugas dilakukan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang ada dan tidak menyimpang dari tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
1.      Evaluasi (Evaluation) adalah proses penilaian. diartikan sebagai proses pengukuran akan efektifitas strategi yang digunakan dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
2.      Supervisi merupakan kegiatan pengawasan dan pembinaan tetapi sifatnya lebih ke manusiawi agar kondisi pekerjaan dapat diketahui kekurangannya.
3.      Pemantauan (Monitoring) adalah mengawasi, memantau, melihat, dan mengevaluasi kegiatan agar kegiatan yang sedang diproses jika terjadi kesalahan dapat segera diperbaiki.

Komentar