PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA
Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di bumi. Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Fransisco, 24 Oktober 1945. Sejak didirikan pada tahun 1945 hingga 2011, sudah ada 193 negara yang bergabung menjadi anggota PBB.
Piagam PBB menguraikan aturan untuk keanggotaan:
1.      Keanggotaan di PBB terbuka untuk semua negara cinta damai lainnya yang menerima kewajiban yang termuat dalam Piagam ini dan, menurut penilaian Organisasi, mampu dan mau melaksanakan kewajiban-kewajiban ini.
2.      Penerimaan dari negara tersebut kepada keanggotaan di PBB akan dipengaruhi oleh keputusan Majelis Umum atas rekomendasi Dewan Keamanan.

Tujuan Utama :
1.      Pemeliharaan perdamaian dan keamanan
2.      Hak asasi manusia dan bantuan kemanusiaan
3.      Sosial dan pembangunan ekonomi
4.      Mandat
5.      Lainnya (seperti memfokuskan perhatian pada dekolonisasi, menyatakan dan mengkoordinasi hari peringatan internasional)

PBB memiliki enam badan-badan utama : 
Majelis Umum (majelis musyawarah utama, mengadakan pemilihan pada masalah-masalah penting, Majelis dapat membuat rekomendasi mengenai setiap masalah dalam lingkup PBB, kecuali masalah perdamaian dan keamanan yang berada di bawah pertimbangan Dewan Keamanan ), Dewan Keamanan (untuk memutuskan resolusi tertentu untuk perdamaian dan keamanan), Dewan Ekonomi dan Sosial (untuk membantu dalam mempromosikan kerjasama ekonomi, sosial internasional dan pembangunan), Sekretariat atau Sekretaris Jenderal (untuk menyediakan studi, informasi dan fasilitas yang diperlukan oleh PBB) Sekretaris Jenderal PBB, saat ini Ban Ki-moon dari Korea Selatan, yang mengambil jabatan itu pada tahun 2007, menggantikan Kofi Annan. Mahkamah Internasional (mengadili sengketa antara Negara dan mengadili kejahatan yang paling serius di bawah hukum internasional), lembaga khusus PBB (bekerja pada isu-isu tertentu, umumnya pekerjaan kemanusiaan) lainnya seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Program Pangan Dunia (WFP) dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa(UNICEF). PBB didanai dari sumbangan yang ditentukan dan sukarela dari negara-negara anggotanya, dan memiliki enam bahasa resmi: Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol.

PERTANYAAN :
1.      Kapan dan dimana PBB didirikan?
2.      Sebutkan apa saja badan-badan utama dalam PBB?
3.      Berdasarkan soal nomor 2, sebutkan tugasnya masing-masing!
4.      Apa tujuan utama PBB?
5.      Siapa yang menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB sekarang dan sebelumnya?

Konferensi Asia-Afrika

Konferensi Asia-Afrika (disebut juga Konferensi Bandung) adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika, yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan,  diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar, Sri Lanka, India dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Roeslan Abdulgani. Konferensi berlangsung antara 18 April-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung, dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negara imperialis lainnya.

Sebanyak 29 negara mengirimkan wakilnya pada saat itu. Konferensi ini dilatarbelakangi oleh apa yang mereka pandang sebagai ketidakinginan kekuatan-kekuatan Barat untuk mengkonsultasikan dengan mereka tentang keputusan-keputusan yang memengaruhi Asia pada masa Perang Dingin, kekhawatiran mereka mengenai ketegangan antara Republik Rakyat Cina dan Amerika Serikat, keinginan mereka untuk membentangkan fondasi bagi hubungan yang damai antara Tiongkok dengan mereka dan pihak Barat, penentangan mereka terhadap kolonialisme, khususnya pengaruh Perancis di Afrika Utara dan kekuasaan kolonial perancis di Aljazair, dan keinginan Indonesia untuk mempromosikan hak mereka dalam pertentangan dengan Belanda mengenai Irian Barat.

Poin-poin hasil konferensi pertama kemudian tertuang dalam apa yang disebut Dasasila Bandung, yang berisi tentang "pernyataan mengenai dukungan bagi kedamaian dan kerjasama dunia". Dasasila Bandung ini memasukkan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsip Nehru. Konferensi ini akhirnya membawa kepada terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961.

PERTANYAAN :
1.      Sebutkan Negara mana sajakah yang menyelenggarakan KAA?
2.      Siapa pengkoordinasi penyelenggaraan KAA?
3.      Kapan dan dimana KAA berlangsung pertama kali?
4.      Apa yang melatarbelakangi dibentuknya KAA?
5.      Berapa banyak Negara yang hadir di KAA pertama?

Gerakan Non-Blok

Gerakan Non-Blok (GNB) adalah suatu organisasi internasional yang terdiri dari lebih dari 100 negara-negara yang tidak menganggap dirinya beraliansi terhadap blok kekuatan besar apapun. Kata "Non-Blok" diperkenalkan pertama kali oleh Perdana Menteri India Nehru dalam pidatonya tahun 1954 di Colombo, Sri Lanka. Dalam pidato itu, Nehru menjelaskan lima pilar yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk membentuk relasi yang disebut dengan Panchsheel (lima pengendali). Prinsip ini kemudian digunakan sebagai basis dari Gerakan Non-Blok. Lima prinsip tersebut adalah:
1.      Saling menghormati integritas teritorial dan kedaulatan.
2.      Perjanjian non-agresi
3.      Tidak mengintervensi urusan dalam negeri negara lain
4.      Kesetaraan dan keuntungan bersama
5.      Menjaga perdamaian

Gerakan Non-Blok sendiri bermula dari sebuah Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pada tahun 1955. Di sana, negara-negara yang tidak berpihak pada blok tertentu mendeklarasikan keinginan mereka untuk tidak terlibat dalam konfrontasi ideologi Barat-Timur. Pendiri dari gerakan ini adalah lima pemimpin dunia: Josip Broz Tito presiden Yugoslavia, Soekarno presiden Indonesia, Gamal Abdul Nasser presiden Mesir, Pandit Jawaharlal Nehru perdana menteri India, dan Kwame Nkrumah dari Ghana.

Normalnya, pertemuan GNB berlangsung setiap tiga tahun sekali. Biasanya setelah mengadakan konferensi, kepala negara atau kepala pemerintahan yang menjadi tuan rumah konferensi itu akan dijadikan ketua gerakan untuk masa jabatan tiga tahun. Negara yang pernah menjadi tuan rumah GNB di antaranya Yugoslavia, Mesir, Zambia, Aljazair, Sri Lanka, Kuba, India, Zimbabwe, Indonesia, Kolombia, Afrika Selatan, dan Malaysia.

Non-Blok didirikan berdasarkan prinsip-prinsip dasar yang disepakati dalam Konferensi Asia-Afrika yang dikenal dengan sebutan Dasasila Bandung. Tujuan dari GNB adalah untuk menjamin "kemerdekaan, kedaulatan, integritas teritorial, dan keamanan dari negara-negara nonblok" dalam perjuangan mereka menentang imperialisme, kolonialisme, neo-kolonialisme, apartheid, zionisme, rasisme dan segala bentuk agresi militer, pendudukan, dominasi, interferensi atau hegemoni dan menentang segala bentuk blok politik.

PERTANYAAN :
1.      Sebutkan siapa saja pendiri GNB beserta asal negaranya?
2.      Sebutkan negera mana saja yang pernah menjadi tuan rumah GNB?
3.      Apa prosedur umum untuk pertemuan GNB?
4.      Apa tujuan GNB?
5.      Sebutkan 5 isi dari Pancsheel!

ASEAN
Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi di negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok yang diprakarsai oleh menteri luar negeri dari lima negara, yaitu Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November. Isi Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut:
1.      Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
2.      Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
3.      Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik,ilmu pengetahuan, dan administrasi
4.      Memelihara kerjasama yang erat di tengah - tengah organisasi regional dan internasional yang ada
5.      Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota pertama ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984 (tepat seminggu setelah memperingati hari kemerdekaannya). Sebelas tahun kemudian, ASEAN kembali menerima anggota baru, yaitu Vietnam yang menjadi anggota yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995.. Dua tahun kemudian, Myanmar masuk menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997. Satu tahun kemudian Kamboja bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 16 Desember 1998.

Prinsip-prinsip utama ASEAN adalah sebagai berikut:
1.      Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara
2.      Hak setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar
3.      Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota
4.      Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai
5.      Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan
6.      Kerjasama efektif antara anggota

PERTANYAAN :
1.      Kapan dan dimana ASEAN didirikan?
2.      Sebutkan siapa saja yang memprakarsai terbentuknya ASEAN beserta asal negaranya!
3.      Kapan Vietnam dan Myanmar masuk menjadi anggota ASEAN?
4.      Sebutkan 3 saja prinsip utama ASEAN!
5.      Sebutkan 3 saja isi dari Deklarasi Bangkok!

Organisasi Kerja Sama Islam

Organisasi Kerja Sama Islam (dahulu Organisasi Konferensi Islam) (OKI) adalah sebuah organisasi internasional non militer yang  diprakarsai Raja Faisal dari Arab Saudi dan Raja Hassan II dari Maroko, dengan Panitia Persiapan yang terdiri dari Iran, Malaysia, Niger, Pakistan, Somalia, Arab Saudi dan Maroko. Beranggotakan 57 negara serta sejumlah negara pengamat,  antara lain Bosnia Herzegovina, Republik Afrika Tengah, Pantai Gading dan Thailand.  OKI didirikan di Rabat, Maroko pada 12 Rajab 1389 H (25 September 1969) dalam Pertemuan Pertama para Pemimpin Dunia Islam yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap terjadinya peristiwa pembakaran Masjid Al Aqsa pada 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik Kristen dan Yahudi di Yerusalem. OKI mengubah namanya dari sebelumnya Organisasi Konferensi Islam pada 28 Juni 2011.

Secara umum tujuan OKI adalah mengumpulkan sumber daya dunia Islam dan mengkonsolidasikan upaya negara untuk memajukan perdamaian dan keamanan dunia muslim. Secara khusus,  OKI bertujuan untuk memperkokoh solidaritas Islam diantara negara anggota, memperkuat kerjasama dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan iptek.
Prinsip-prinsip OKI adalah sebagai berikut :
1.        Persamaan mutlak antara negara anggota
2.        Menghormati hak menentukan nasib sendiri, tidak campur tangan atas urusan dalam negeri negara lain.
3.        Menghormati kemerdekaan, kedaulatan dan integritas wilayah setiap negara.
4.        Penyelesaian setiap sengketa melalui cara damai
5.        Abstein dari ancaman atau penggunaan kekerasan terhadap integritas wilayah, kesatuan nasional atau kemerdekaan politik suatu negara.

Secara umum, struktur organisasi adalah sebagai berikut :
1.        Badan-badan Utama
2.        Komite Khusus
3.        Badan-badan Subsider
4.        Organ-organ Khusus

PERTANYAAN :
1.      Kapan dan dimana OKI didirikan?
2.      Sebutkan Negara yang tergabung dalam Panitia Persiapan OKI!
3.      Apa tujuan OKI secara umum maupun khusus?
4.      Sebutkan 3 saja prinsip OKI!
5.      Bagaimanakah struktur organisasi OKI secara umum?

Komentar