Sabtu, 29 September 2012

PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA


PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA

1.       Perkembangan Ajaran Islam di Eropa

1. Austria
Di Austria terdapat Islamic Center, masjid , perpustakaan, dan madrasah sebagai tempat untuk memepelajari Al Qur’an. Lembaga ini menjadi penghubung dengan dunia Islam pada umumnya.
Di Austria terdapat perpustakaan Islam yang dikenal dengan nama Social Service. Semua biaya kegiatan keagamaan ditanggung oleh umat Islam sendiri. Untuk menyiapkan generasi penerus pendidikan agama Islam diberikan pada hari sabtu dan minggu.

2. Belgia
Keberadaan agama Islam di Belgia diakui oleh pemerintah sebagai salah satu agama dari yang sah. Untuk menampung kegiatan umat Islam dibangun masjid dan Islamic center. Di negara ini pernah dipakai tempat muktamar Islam Eropa tepatnya di kota Brussel. Sejak tahun 1975 Pendidikan agama Islam di masukkan ke dalam kurikulum sekolah di tingkat SD, SMP dan SMA. Materi yang diajarkan adalah; Al Qur’an, Bahasa Arab, Ilmu Agama Islam.

3. Spanyol
Di negara ini umat Islam pernah mengalami kejayaan, yaitu pada masa kekuasaan Bani Umayyah. Pada masa-masa berikutnya Isam tidak lagi mampu mengembangkan sayapnya dinegara ini, karena mendapatkan himpitan dari kristen. Pada masa pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang yang mengakui bahwa semua agama mempunyai derajat yang sama, kegiatan Islam mulai tampak lagi. Bangunan masjid Kordaba menjadi kebanggaan umat Islam pada waktu itu. Pada tahun 1981 dibangunlah Islamic center sebagai pusat pendidikan Islam.

4. Bulgaria
Umat Islam di Bulgaria pernah berjaya, yaitu pada masa Dinasti Usmaniyah berkuasa. Umat Islam di Bulgaria berjumlah 12,2 %, dan sudah masuk menjadi bagian dari sistem politik.
Pemerintah Bulgaria pernah melarang segala kegiatan organisasi muslim serta menetapkan sejumlah larangan bagi umat Islam. Kegiatan keagamaan dibatasi dan umat Islam diharuskan mengganti nama Arab mereka. Namun demikian umat Islam tetap bertahan dan terus mengembangkan dakwah Islam. Umat muslim Bulgaria terdapat dua komunitas besar yaitu; Pomak atau etnis Bulgaria yang tinggal di wilayah pegunungan selatan dan etnis Turki yang tinggal di kawasan tenggara. Problem yang dihadapai umat muslim adalah rendahnya tingkat pendidikan dan minimnya lapangan pekerjaan.

5. Inggris
Di inggris agama Islam berkembang dengan pesat, faktor yang menjadi pendorong perkembangan Islam antara lain mengalirnya ilmu pengetahuan Islam dari Spanyol, Pemindahan Universitas Toledo ke Inggris, sehingga Inggris memiliki Universitas Cambraibge dan Oxford. Untuk mengembangkan agama Islam dibangunlah masjid agung (Central mosque) di pusat kota London. Mozarobes adalah salah satu tokoh yang sangat gigih dalam mendakwahkan Islam di Inggris. Pada saat ini umat muslim Inggris menjalin hubungan kerja sama dengan umat muslim Indonesia. Programnya adalah penukaran imam dan khotib yang disepakati dalam forum Kelompok Penasehat Keulamaan Indonesia- Inggris atau RI UK Islamic Advisory Group ( UK – IAG ) yang dibentuk atas kesepakatan Perdana Menteri Inggris Tony Blair dengan Presiden Susilo Bambang Yudoyono, pada bulan Maret 2006. Selain itu adalah penterjemahan karya-karya Indonesia ke dalam bahasa Inggris, dialog antara agama dan aneka kegiatan mengisi waktu luang pelajar.

6. Perancis
Sebenarnya di negara ini terkenal sebgai negara Katolik. Akan tetapi, dalam hal agama liberal, orang yang tidak beragama pun diakui hak-haknya. Agama Islam dapat berkembang dengan baik di negara ini. Sekarang sudah ada Al Qur’an diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis. Salah satu tokoh yang sangat gigih dalam hal ini adalah Jackues Beroue.

7. Italia
Italia adalah pusat agama Katolik di seluruh dunia. Namun demilkian Agama Islam dapat tumbuh dan berkembang di negara ini. Pada tahun 1984 kaum muslimin berhasil mendirikan masjid sebagai pusat kegiatan agama.

8. Jerman
Islam masuk di Jerman pada abad ke 8 M. Pada masa pemerintahan Frederich Wilhelm, Islam berkembang karena umat islam berjasa dalam perjuangan militer di jerman. Pada tahun 1908 dalam resimen “Towarczy”, ada 1.220 tentara muslim dari 1.320, sedangkan sisanya beragama kristen. Peran militer muslim tidak hanya berperang melawan Napolion, tetapi berlanjut melawan Rusia dan Polandia. Islam berkembang dengan pesat pada masa pasca Nazi puncaknya pada tahun 60-an. Sekarang populasi muslim di Jerman mencapai 3,7 juta, dari 82,5 juta penduduk jerman 33% beragama Protestan, 33 % beragama Katolik dan 4,5 % beragama Islam..

2.       Perkembangan Ajaran Islam di Autralia
Islam masuk di Australia melalui orang-orang Afganistan yang bekerja sebagai pengendara unta. Pada tahun 1924 Islam lebih berkembang lagi yang dibawa oleh orang-orang dari Albania, yang bekerja sebagai petani tembakau di Australia Utara. Quesland Islamic Society, didirikan bertujuan untuk menyadarkan anak-anak muslim agar melaksanakan sholat. Al Qur’an menjadi ajaran pokok di sini.

Diantara organisasi yang dibentuk untuk memajukan Islam yaitu :
1.      Australia Federation of Islamic Councils (Federasi Dewan-dewan Islam Australia)
2.      Federasi of Islamic Societies (Federasi Masyarakat Muslim) yang bertaraf nasional, meliputi 35 ormas muslim lokal dan 9 Dewan Islam Negara Bagian.
3.      Moslem Student Association (Himpunan Mahasiswa Muslim).

3.       Perkembangan Ajaran Islam di Afrika

1. Sudan
Perkembangan Islam di Suda sangat menggembirakan. Salah satu tokoh yang berjasa masuknya Islam di Sudan adalah Abdullah bin Said bin Ali Sarah. Penyebaran Islam di negeri ini dilakukan dengan mengajarkan ilmu Tasyawuf dan Filsafat. Tokoh yang paling berpengaruh pada waktu itu adalah Syeh Abdul Qodir Al Jilani dan Abdul Hasan Asy Syazali.

2. Etiopia
Islam masuk di Etiopia ketika Rosulullah masih hidup. Pada saat itu ada 15 orang muslim yang hijrah ke Etiopia. Negeri ini pada masa Rosul dikenal dengan nama Habsyinia atau Habsyah. Sejak abad XIV M , orang muslim Hasbania mengadakan hubungan dengan Mesir (Al Azhar), sehigga memunculkan ulama-ulama terkenal pada masa itu.  Pada tahun 1934 M, Al Azhar mengirimkan beberapa utusan yang bertugas untuk mengajar agama Islam. Beberapa masjid didirikan sebagai pusat ibadah umat Islam, dan madrasah sebagai pusat pendidikan Agama Islam.

3. Uganda
Perkembangan Islam di Uganda cukup pesat. Masuknya Islam di negeri in diperkirakan sekitar tahun 1844 melalui pedagang yaitu Ahmad Ibrohim, Idi Amin. Idi Amin dianggap sebagai pendiri Uganda Muslim Supreme Cauncil (UMSC) pada tahun 1974. Ia juga berhasil mengundang Raja Faisal pada peletakan batu pertama pembangunan Masjid nasional di Old Kampala. Beliau juga membawa Uganda menjadi Organisasi konferensi Islam (OKI). Saat ini sekitar 15 % penduduk Uganda memeluk agama Islam.

4.       Perkembangan Ajaran Islam di Asia

1. Pakistan
Islam masuk ke India-Pakistan pada masa Bani Umayyah. Dengan melalui perjalanan yang panjang pada tahun 1862 M menjadi negara Islam. Pada awal abad XX, Sayid Ahmad Khan ( seorang kominis ), mencetuskan gagasan bahwa Muslim dan Hindu membentuk bangsa yang berbeda dan terpisah di India, atas dasar agama dan budaya. Tulisan Ahmad Khan ini mengilhami Muhammad Ali Jinnah memimpin Liga Musliam pada pembentukan Pakistan.
Pakistan mejadi negara Republik Islam. Negeri ini termasuk negara produktif ilmuwan dan budayawan muslim yang terkenal seperti Muhammad Iqbal, Fazlur Rahman dan lain sebagainya.
2. India
Islam masuk ke India pada masa Khulafaur Rosyidin, ketia Kholifah Umar bin Khottob memerintah, Ia telah mengirimkan pasukan ke Persia dan berhasil menaklukkan Persia bagian selatan. Pada masa pemerintahan Bani Umayyah Islam di India berkembangn pesat. Para da’i yang berhasil menyebarkan Islam di India antara lain :
a. Mu’awiyah bin Abi Sufyan. Pada masa pemerintahannya Beliau mengirimkan pasukan ke India yang dipimpin oleh Maglab bin Abi Sufiah.
b. Hajja bin Yusuf as Saqofi, orang yang dipercaya Abdul Malik bin Marwan.
c. Subaktakir dari Ghozna’
d. Muhammad Ghori, raja muslim di Ghori yang moderat.
Puncak kejayaan Islam di India pada masa Kerajaan Islam Mughal yang dipimpin Babur Akbar kemudian dilanjutkan oleh putranya Humayun. Pada masa kejayaan Islam di India datanglah Inggris menjajah India, Kerajaan Mughal runtuh dan India menjadi jajahan Inggris.

Ada beberapa hal yang dapat kita ambil hikmahnya setelah kita belajar sejarah perkembangan Islam, yaitu antara lain :
1.      Hanya dengan kerja keras dan usaha yang maksimal, apa yang diinginkan akan berhasil. Hal  ini dapat dilihat bahwa Islam berkembang dengan baik di berbagai belahan dunia atas usaha yang maksimal umat muslim.
2.      Tidak menjadikan warna kulit, beda bahasa dan sebagainya menjadi jurang pemisah. Karena Allah hanya membedakan hambanya dari segi ketaqwaannya.
3.      Sesama muslim adalah saudara, meskipun dari berbagai benua dan negara yang berbeda. Persaudaraan itu diikat adanya aqidah atau ketuhanan yang satu Allah dan kitab suci yang satu yaitu Al Qur’an.

Latihan Bab PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA
Soal :
1.     Kemukakan 5 macam alasan bahwa Muhammad iqbal(1873-1938)merupakan cendikiawan muslim Pakistan yang sukses !
2.     Selain mendirikan oerganisasi islam,sebutkan 5 macam kegiatan islami yang dilakukan umat islam di prancis !
3.     Sejak tahun 1980,aljazair memasuki masa kebangkitan.kemukakan alasannya !
4.     Kemukakan manfaat-manfaat yang dapat diambil dari mempelajari islam di benua Autralia !
5.     Kemukakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organisasi Islamic society of north amerika !
Jawab :
1.     - guru bahasa arab di universitas London selama 6 bulan.
- pada tahun 1908, beliau kembali ke lahore dan menjadi pengacara
- menjadi dosen filsafat dan sastra inggris di government collage Lahore
- memberikan ceramah-ceramah
- banyak menulis buku yang kemudian di terjemahkan ke dalam berbagai bahasa

2.     *didirikannya masjid, pemukiman dan sekolah untuk warga muslim
* makin banyaknya wanita yang berjilbab
* mengadakan pameran buku-buku
* banyaknya took-toko yang menyediakan makanan halal
* Berkembangnya beberapa kelompok tarekat

3.     semangat kehidupan beragamanya meningkat yang terbukti dengan adanya kegiatan generasi muda untuk mengadakan pengkajian terhadap islam.

4.     di Negara federal Australia kebebasan beragama dijamin oleh undang-undang dan juga toleransi antar umat beragama cukup tinggi.

5.     - mengadakan pertemuan tahunan organisasi yang mampu menghadirkan 5000   peserta
- mengadakan ceramah dan diskusi tentang islam dan umat islam di amerika
- mengadakan pameran buku,kaset-kaset,busana islami,makanan halal dan berbagai layanan perbankan islami

Penutup

            Demikian makalah ini saya buat, dapat kita simpulkan dari masing-masing bab bahwa Islam adalah agama yang sempurna. Islam adalah penyempurna bagi agama-agama lain. Sedemikian rincinya segala sesuatu sudah di atur dalam Islam. Dari perilaku kita sampai harta warisan. Tinggal kita lah yang mau mengikuti aturan tersebut atau tidak. Yang jelas kita sudah mengetahui bahwa apapun yang kita perbuat itulah yang menjadi tanggung jawab kita. Semua sudah ada konsekuensinya. Mengapa Islam begitu terperinci memberi batas-batas pada apa yang kita lakukan? Itu karena, agar kita sebagai umat-Nya dapat menjadi manusia yang mengerti pada tempatnya. Dan tentunya agar apa yang terjadi di alam semesta dapat berjalan dengan seimbang apa adanya. Sekian materi yang dapat saya berikan, saya mohon maaf jika terjadi kesalah dalam penyampaian materi. Sekian.

Daftar Pustaka

·         Syamsuri, Pendidikan Agama Islam Untuk Kelas XII, Erlangga, Jakarta : 2005.
·         Abdul Halim Nipan M, Menghias Diri Dengan Akhlak Terpuji, Mitra Pustaka, Yogyakarta : 2000.
·         Harahim, Mahyuddin, 180 Sifat Tercela dan Terpuji, Restu Agung, Jakarta : 2000.
·         Hasymi, A., Sejarah Kebudayaan Islam, PT. Bulan Bintang, Jakarta : 1995.
·         Mas’oed, Ilmu Fara’id, Toko Mesir, Cirebon : 1950.
·         Misbah, Ma’ruf Drs., et-al. Sejarah Peradaban Islam, Wicaksana, Semarang : 1994.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar